s
Home » , » gula semut produksi Penduduk pageraji

gula semut produksi Penduduk pageraji

Written By Aan Kazperzky on Senin, 01 Juli 2013 | 01.32


gula semut,gula merah,gula kelapa,pageraji
Bau harum dan sedap nira yang dimasak terasa saat memasuki Desa Pageraji, Kecamatan Cilongok, Banyumas. Betapa tidak, sebagian penduduk desa yang terletak di bagian barat Kota Purwokerto itu berprofesi sebagai pengrajin Gula Kelapa (Gula Merah).

Sekitar 900 penduduk dari 6.000 penduduk angkatan kerja di Desa Pageraji adalah Penderes (petani Gula Kelapa). Para petani itu menggarap lebih dari 20.000 pohon kelapa yang tersebar di seluruh wilayah Pageraji. Masing-masing Penderes menggarap tanaman kelapa dengan jumlah yang bervariasi.

Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah adalah salah satu daerah di Indonesia penghasil Gula Kelapa terbesar. Meski demikian, nasib para petani Gula Kelapa di daerah ini masih jauh dari sejahtera. Pemerintah daerah tampaknya masih belum menganggap potensi ini unggulan.

“Selama ini tidak ada bantuan nyata dari pemerintah daerah. Kami mendapat pendampingan dari sebuah LSM di Purwokerto,” ujar Narkam, ketua Kelompok Pengrajin Gula (KPG) Cikal Mas Desa Pageraji.

Produk
Untuk meningkatkan kualitas hasil Gula Kelapa, para petani tidak hanya memproduksi gula dengan kemasan tradisional yaitu gula dengan cetak berbentuk silinder. Namun diproduksi dalam bentuk gula semut (kristal) dengan berbagai rasa yang merupakan diversifikasi produk.

Produk gula semut ini memiliki nilai tambah (nilai jual) lebih dibanding gula cetak silinder. Disamping kemasan yang menarik sehingga banyak dibutuhkan konsumen. Namun, belum banyak petani yang memproduksi gula semut karena berbagai faktor.

0 komentar:

Poskan Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS